Minggu, April 21, 2013

Menghias HTML dengan menggunakan CSS

Postingan kali ini yaitu mengenai pembuatan CV (curiculum Vitae) atau yang biasa dikenal dengan Daftar Riwayat Hidup dengan menggunakan CSS.

Cascading Style Sheets / C ascading S Tyle S heets (CSS) adalah penemuan yang luar biasa untuk meningkatkan penampilan situs Anda. Ini akan menghemat banyak waktu dan memberikan kemungkinan benar-benar baru dalam desain website. CSS sepenuhnya diperlukan untuk setiap orang yang bekerja dengan web desain.CSS juga merupakan salah satu bahasa pemrograman web  untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Sama halnya styles dalam aplikasi  pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna body teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri/kanan/atas/bawah, dan parameter lainnya.CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokument. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

Postingan ini juga merupakan tugas mata kuliah Pemrograman Berbasis Web yang diajarkan oleh Ibu Aviarini Indrati yang juga merupakan lanjutan dari postingan Membuat Curriculum Vitae dengan HTML.

Langsung saja, teman-teman blogger dapat mengubah file HTML pada postingan sebelumnya menjadi seperti di bawah ini :

Kemudian file tersebut kita save dengan nama : index.html ke dalam folder  C:\xampp\htdocs\TugasCV_CSS. Jika folder TugasCV_CSS belum ada silahkan blogger membutanya terlebih dahulu di dalam folder htdocs. Seperti tampilan dibawah ini :

Setelah itu jangan lupa untuk meletakkan foti dan me-rename nya sesuai dengan snytax yang akan ditampilkan, Kemudian tampilan file C:\xampp\htdocs\TugasCV_CSS\index.html yang dijalankan akan terlihat seperti di bawah ini (sebelunya jangan lupa mengaktifkan apache pada xampp) :

pada tampilan diatas terlihat bahwa penggunaan CSS akan lebih interaktif dan bagus untuk tampilan, karena memang CSS biasnya digunakan untuk proses pendesainnan atau mempercantik halaman web. Selanjutnya setelah selesai membuat CV kita membuat file ke dua mengenai kesimpulan/kemampuan yang kita miliki sebagai pelengkap Daftar Riwayat Hidup yang kita buat. Langkah pembuatan file kedua sama seperti pembuatan CV sebelumnya yakni  proses pengkodean dengan menggunakan Notepad ataupun Notepad++, lalu ketikkan syntax HTML seperti dibawah ini :

Setelah selesai maka tampilannya akan seperti dibawah ini :

Demikianlah proses pembuatan CV atau Dafatar Riwayat Hidup beserta Kesimpulan kemampuan diri. Akhir kata saya Syahroni mengucapkan terima kasih atas perhatiannya semoga Menghias HTML dengan menggunakan CSS ini dapat bermafaat bagi teman-teman blogger yang sedang belajar HTML dan CSS dan tentunya dapat teman-teman blogger implementasikan pada web pribadi masing-masing.

0 comments:

Posting Komentar