Senin, April 08, 2013

Membuat CV Online menggunakan HTML

Perkenalkan Saya Syahroni, mahasiswa angkata 2009 jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma, kali ini saya akan mengajarkan blogger mengenai cara pembuatan Curiculum Vitae (CV) atau biasa juga disebut Daftar Riwayat Hidup dengan menggunakan HTML (Hyper Text Makrup Language).

Selain mengajarkan blogger dan pembaca setia mengenai pembuatan CV dengan menggunakan HTML , ini juga merupakan tugas mata kuliah Pemrograman Berbasis Web yang diajarkan oleh Ibu Aviarini Indrati. Dalam pembuatan CV berbasis HTML ini yang harus kita persiapkan adalah :

- Notepad atau Notepad ++ untuk editor pengkodean
- XAMPP
- Foto

Langkah pertama yang dilakukan yaitu penginstalan XAMPP, bagi blogger yang belum menginstal XAMPP silahkan didownload terlebih dahulu file XAMM pada situs http://www.filehippo.com setelah itu lakukann proses pengintalan seperti dibawah ini :

Setelah terinstal dengan benar dan sempurana kemudian selanjutnya XAMM kita nyalakan seperti screenshoot dibawah ini:

Terlihat bahwa Apache  sudah Aktif, kemudian selanjutnya kita mulai proses pengkodean dengan menggunakan Notepad ataupun Notepad++, lalu ketikkan syntax HTML seperti dibawah ini :


Kemudian file tersebut kita save dengan nama : index.html ke dalam folder  C:\xampp\htdocs\TugasCV_HTML. Jika folder TugasCV_HTML belum ada silahkan blogger membutanya terlebih dahulu di dalam folder htdocs. Seperti tampilan dibawah ini :

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan foto formal sebagai gambar yang akan disisipkan ke dalam CV dengan ukuran 200 pikel x 150 pixel, ukuran pixel dapat blogger buat di dalam Photoshop ataupun media pengolahan gambar lainnya. Selanjutnya file foto direname sesuai dengan nama blogger masing. Kemudian tampilan file C:\xampp\htdocs\TugasCV_HTML \index.html yang dijalankan akan terlihat seperti di bawah ini :


Pada screenshoot diatas terlihat bahwa “Curiculum Vitae Syahroni “ terlihat sebagai title ini dilakukan dengan pengkodean , selanjutnya terdapat “Curiculum Vitae” dan “Daftar Riwayat” itu merupakan header ke satu dan ke dua yang terletak di dalam body file HTML.

Pada tampilan CV diatas banyak menggunakan format table dengan table utama (sebagai frame) dan sub-sub table yang di merge sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan sesuai dengan layar monitor.
Selanjutnya setelah selesai membuat CV kita membuat file ke dua mengenai kesimpulan/kemampuan yang kita miliki sebagai pelengkap Daftar Riwayat Hidup yang kita buat. Langkah pembuatan file kedua sama seperti pembuatan CV sebelumnya yakni  proses pengkodean dengan menggunakan Notepad ataupun Notepad++, lalu ketikkan syntax HTML seperti dibawah ini :


Kemudian file tersebut kita save dengan nama : kemampuandiri.html ke dalam folder  C:\xampp\htdocs\TugasCV_HTML. Kemudian tampilan file C:\xampp\htdocs\TugasCV_HTML \kemampuandiri.html yang dijalankan akan terlihat seperti di bawah ini :


Demikianlah proses pembuatan CV atau Dafatar Riwayat Hidup beserta Kesimpulan kemampuan diri sederhana dengan menggunakan HTML. Akhir kata saya Syahroni mengucapkan terima kasih atas perhatiannya semoga Tutorial Membuat CV Online menggunakan HTML dapat bermafaat bagi teman-teman blogger yang sedang belajar HTML dan tentunya dapat teman-teman blogger implementasikan pada web pribadi masing-masing


0 comments:

Posting Komentar